Survey Online Minat Masyarakat Terhadap Bank Syariah

Survey Online Minat Masyarakat Terhadap Bank Syariah

Pada kesempatan kali ini kita akan sharing pengalaman kita di lapangan, survey online atau sebar kuesioner online, yang berbeda dengan sharing pada kesempatan sebelumnya. Survey online atau sebar kuesioner online kali ini, hendak menggali informasi atau perspektif dari warga Indonesia khususnya masyarkat Muslim Indonesia yang masih menggunakan transaksinya dengan bank konvensional, lebih lanjut informasi atau perspektif yang ingin diketahui adalah tentang pengetahuan terhadap bank syariah dan ketertarikan serta niat untuk menggunakan fasilitas bank Syariah dalam segala proses transaksi keuangannya. Sekali lagi bahwa persiapan fisik maupun pengetahuan terhadap medan lapangan yang akan dijadikan sasaran pengambilan data haruslah diperhatikan. Karena banyak hal-hal yang tidak bisa kita prediksikan dapat terjadi dan menjadi tantangan tersendiri di lapangan.

Objek dari survey lapangan atau sebar kuesioner lapangan kali ini dalam kategori cukup kompleks. Target spesifik yang menjadi kriteria dari responden adalah muslim Indonesia dengan kepemilikan rekening bank Konvensional. Tantangan yang dihadapi adalah ketertarikan calon responden terhadap konten kuesioner  yang membahasa tentang pengetahuan terkait riba, dalil qur’an serta ketertarikan untuk segera berpindah menggunakan layanan syariah pada proses perbankannya. .

Crew lapangan yang diturunkan pada survey lapangan kali ini sebanyak 4 orang. Crew yang well educated, bermental OK, PeDe, memiliki komunikasi yang baik dan behave yang menyenangkan bagi responden. Karena yang kita temui dilapangan well educated people. So, right person is a must.

Proses survey yang sangat challenging yang tim kita temui di lapangan, well  planning dan well strategy dalam melakukan survey lapangan kali ini sangat diperlukan sekali, sekali lagi cost and time effective dalam penelitian. Calon responden yang kita hadapi adalah responden memiliki kecenderungan untuk menolak sangat tinggi dikarenakan frame bermanfaatnya research dan tema sensitif yang disajikan dalam kuesioner. Sehingga diperlukan pemahaman akan spot-spot atau link responden yang tepat yang masuk dalam kriteria yang telah ditetapkan.

Saran dari kita lebih pada aspek perencanaan time line research yang harus well planning dan well organized. Networking atau Offering Benefits (voucher/souvennir) mungkin bisa jadi instrumen yang dapat mempermudah dan mempercepat dalam proses pengambilan data lapangan.

Sharing singkat ini, semoga bermanfaat dalam membantu rekan-rekan peneliti dalam membangun frame awal sebelum melakukan survey di lapangan. Kami akan share banyak pengalaman kami di lapangan pada kesempatan yang lain. SEMANGAT MENELITI!!!

—————————————————————————————————————————————————————————–

1. Jika rekan peneliti memerlukan bantuan Survey Lapangan, Survey Online ataupun Olah Data dapat menghubungi mobilestatistik.com di :

2. Klik “Konsultasi Gratis” untuk mendapatkan informasi atau solusi terkait dengan pertanyaan-pertanyaan seputar metodologi penelitian.

  • “1st Kirim Pertanyaan, Kami Jawab . . . InsyaAllah”

—————————————————————————————————————————————————————————–

Survey Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *