Olahdata Penelitian Manajemen

Olahdata Penelitian Manajemen

Banyak hal dalam manajemen yang dapat ditelaah secara statistik. Keumuman rumpun bidang sosial atau adanya keterkaitan hubungan manusia, salah satu rujukan ilmu yang dapat digunakan sebagai ilmu pendamping adalah statistika. Banyak kaitan manajemen yang ditelaah secara numerik dengan menggunakan metode-metode statistika, manajemen sebagai ilmu melahirkan suatu teori-teori ahli mengenai model, pola ataupun bentuk dari manajemen itu sendiri, sedangkan secara evaluatif banyak melibatkan statistik sebagai ilmu evaluatif dari model, pola atau bentuk dari manajemen yang sudah diterapkan.

Beberapa tema atau judul penelitian berserta resume hasil penelitian yang pernah kami assistensi diantaranya :

  1. Analisis beban kerja berdasarkan aktivitas kerja perawat pelaksana di rawat inap RS XYZ di Kota Bandung. Merupakan suatu penelitian yang bersifat inferensi dengan menggunakan teknik uji beda t (parametrik test) diperoleh nilai statistik t untuk melihat apakah ada perbedaan ataukah tidak dari tingkat beban kerja perawat di ruang rawat inap RS XYZ. Ada pun indikator tingkat beban kerja yang diamati adalah efektivitas spending time (waktu pelayanan) yang dilakukan perawat terhadap pasien pada sesi (shift) pagi, sore dan malam dalam aktivitas langsung, aktivitas tidak langsung dan aktivitas lainnya pada dua ruangan pelayanan. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada perawat di RS XYZ didapatkan bahwa tingkat beban kerja perawat jika dilihat dari ruang pelayanan tidak berbeda secara statistik (tidak signifikan) tetapi signifikan (berarti secara statistik) dimana efektivitas waktu pelayanan ada pada sesi (shift) pagi dan waktu kurang efektif ada pada sesi (shift) malam. (penelitian oleh mahasiswa keperawatan STIKES XYZ di Bandung).
  2. Pasar Sasaran dan Bauran Pemasaran Dalam Mewujudkan Nilai Pelanggan serta Implikasinya Pada Loyalitas Pelanggan Studi Kasus Produk XYZ. Merupakan suatu penelitian yang bersifat inferensi dengan menggunakan teknik structural equation modeling (SEM) diperoleh nilai pengukuran dan struktural untuk melihat besar pengaruh antar variabel atas model yang dibentuk berdasarkan suatu teori manajemen. Ada pun indikator model manajemen yang diteliti terdiri dari pengaruh langsung dan tidak langsung dari pasar sasaran dan bauran pemasaran terhadap nilai pelanggan dan pengaruh nilai pelanggan atas loyalitas pelanggan atas produk XYZ di Jawa Barat. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada karyawan di RS XYZ didapatkan bahwa pengaruh pasar sasarann dan bauran pemasaran terhadap nilai pelanggan signifikan secara statistik (berarti secara statistik) dimana pasar sasaran berpengaruh lebih besar dibandingkan bauran pemasaran terhadap nilai pelanggan. Selain itu, nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan produk XYZ di Jawa Barat dalam taraf yang sangat tinggi. (penelitian oleh mahasiswa doktoral manajemen Universitas XYZ di Bandung).

Hubungi kami di welcome@mobilestatistik.com atau mobile phone : 081321709749, untuk mendapatkan FREE assistansi tahap perencanaan penelitian agar memudahkan peneliti dalam tahapan implementasi dan pengolahan hasil penelitian.

Gambar 1. Olahdata Structural Equation Modeling (SEM) Disertasi Bid. Manajemen

Gambar 2. Olahdata Analisis Jalur (Path Analysis) Tesis Bid. Manajemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *