Olahdata Penelitian Kedokteran

Olahdata Penelitian Kedokteran

Ilmu bidang kedokteran sangat berkaitan dengan ilmu farmasi, tidak jarang tema-tema yang dilakukan oleh peneliti bidang kedokteran bersinggungan dengan dunia farmasi dan begitu pun sebaliknya. Selain itu, semakin variatifnya kebutuhan manusia pada era sekarang ini, dunia kedokteran tidak hanya menitik beratkan peneltiannya pada penyakit pasien, juga banyak dilakukan juga penelitian yang dilakukan dalam kaitanya dengan dunia kecantikan. Dalam perkembangannya proses pengujian penelitian yang dilakukan dalam dunia kedokteran banyak menggunakan bantuan ilmu statistika.

Beberapa tema atau judul penelitian berserta resume hasil penelitian yang pernah kami assistensi diantaranya :

  1. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Merokok Pada Remaja Putra SMK di Kabupaten XYZ. Merupakan suatu penelitian yang bersifat inferensi dengan menggunakan teknik tabulasi silang (cross tabulation) diperoleh nilai koefisien kontingensi untuk melihat kuat tidaknya tingkat asosiasi antara status merokok pada siswa SMK dilihat dari perilaku orang tua, pengetahuan, perilaku teman sebaya dan pengaruh iklan pada media. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada siswa SMK di Kabupaten XYZ didapatkan bahwa faktor perilaku orang tua, pengetahuan, perilaku teman sebaya dan pengaruh iklan pada media merupakan faktor yang signifikan dalam perilaku merokok pada remaja putra SMK di Kabupaten XYZ. (penelitian oleh mahasiswa STIKES XYZ di Bandung).
  2. Efek Hypnotherapy Pada Tingkat Kecemasan Pengobatan Gigi Pada Anak. Merupakan suatu penelitian yang bersifat inferensi dengan menggunakan teknik uji beda t (parametrik test) diperoleh nilai statistik t untuk melihat apakah ada perbedaan ataukah tidak dari tingkat kecemasan anak sebelum dan sesudah dilakukan pencabutan gigi (dental extraction). Ada pun indikator tingkat kecemasan yang diukur diantarannya tekanan darah (blood pressure), kecepatan denyut jantung (pulse rate) dan modified dental anxienty scale (MDAS). Dari hasil penelitian yang dilakukan pada anak didapatkan bahwa tingkat kecemasan yang diukur berdasarkan atas tekanan darah (blood pressure), kecepatan denyut jantung (pulse rate) dan modified dental anxienty scale (MDAS) berbeda secara nyata (signifikan) antara sebelum dan sesudah dilakukan hypnotherapy. (penelitian oleh mahasiswa kedokteran Universitas XYZ di Bandung).

Hubungi kami di welcome@mobilestatistik.com atau mobile phone : 081321709749, untuk mendapatkan FREE assistansi tahap perencanaan penelitian agar memudahkan peneliti dalam tahapan implementasi dan pengolahan hasil penelitian.

Gambar 1. Olahdata Korelasional Cross Tabulasi Skripsi Bid. Kedokteran

Gambar 2. Olahdata Analisis Deskriptif Skripsi Bid. Kedokteran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *