Olahdata Penelitian Perikanan

Olahdata Penelitian Perikanan

Bidang kelautan merupakan bidang yang relatif belum banyak dipelajari secara meluas dalam perspektif akademik. Meskipun wilayah perairan khususnya di Indonesia relatif luas namun minat para akademisi dalam dunia kelautan masih relatif kurang dibandingkan bidang ilmu lainnya. Penelitian kelautan yang ditemui dilapangan masih banyak singgungannya dengan aspek sosial ekonomi berkaitan dengan aspek kesejahteraan dan aspek bisnis dari rumpun bidang kelautan.

Beberapa tema atau judul penelitian berserta resume hasil penelitian yang pernah kami assistensi diantaranya :

  1. Analisis Pendapatan dan Pola Pengeluaran Rumah Tangga Nelayan di Kec. XYZ, Prov. Banten. Merupakan suatu penelitian yang bersifat inferensi dengan menggunakan teknik analisis regresi dengan dummy variable (parametrik test) diperoleh nilai koefisien regresi untuk melihat besar pengaruh dari faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan rumah tangga nelayan di Kec. XYZ, Prov. Banten. Ada pun indikator model yang diteliti terdiri dari umur nelayan, pendidikan formal, pengalaman, jumlah anggota keluarga, lama melaut, ukuran kapal, dan jenis alat tangkap. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada 83 nelayan didapatkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pendapatan rumah tangga nelayan di Kec. XYZ, Prov. Banten adalah dari jenis alat tangkap yang digunakan nelayan. Beberapa alat tangkap yang berpengaruh signifikan diantaranya Bagan Tancap, Sero, Bubu, Jaring Rampus, Jaring Dogol dan Jaring Rajungan. Sedangkan faktor diluar jenis alat tangkap dinyatakan tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan rumah tangga nelayan. (penelitian oleh mahasiswa kelautan Universitas XYZ di Bandung).
  2. Analisis Perilaku Konsumen Ikan Hias Air Tawar Studi Kasus Pasar Ikan XYZ di Bandung. Merupakan suatu penelitian yang bersifat inferensi dengan menggunakan teknik analisis korelasi spearman (non parametrik test) diperoleh nilai koefisien korelasi untuk melihat derajat hubungan antar variabel perilaku konsumen dengan keputusan membeli dari konsumen. Ada pun indikator model yang diteliti terdiri dari motivasi membeli (kualitas, harga, pelayanan, pendapatan dan keluarga) dan pengambilan keputusan membeli dari konsumen (pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian dan pasca pembelian). Dari hasil penelitian yang dilakukan pada 30 konsumen didapatkan bahwa hubungan signifikan yang terjadi hanya antara keputusan membeli dengan pendapatan dan tuntutan dari keluarga. Sedangkan motivasi membeli memiliki hubungan signifikan hanya dengan pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif dan pembelian. (penelitian oleh mahasiswa kelautan Universitas XYZ di Bandung).

Hubungi kami di welcome@mobilestatistik.com atau mobile phone : 081321709749, untuk mendapatkan FREE assistansi tahap perencanaan penelitian agar memudahkan peneliti dalam tahapan implementasi dan pengolahan hasil penelitian.

Gambar 1. Olahdata Analisis SWOT Skripsi Bid. Perikanan dan Kelautan

Gambar 2. Olahdata Analisis Regresi Variabel Dummy Skripsi Bid. Perikanan dan Kelautan

Leave a Reply

Your email address will not be published.