Olahdata Penelitian Biologi

Olahdata Penelitian Biologi

Penelitian dalam bidang biologi erat kaitannya dengan organisme atau mahluk  hidup yang ada di alam semesta. Penelitian yang dilakukan dalam bidang biologi yang kebanyakan dilakukan oleh peneliti diantaranya adalah kaitannya dengan berbagai indikator mutu atau kebaikan lingkungan hidup. Pengukuran terhadap mikroorganisme yang hidup dilingkungan yang menjadi tanda baik atau buruknya kondisi lingkungan.

Beberapa tema atau judul penelitian berserta resume hasil penelitian yang pernah kami assistensi diantaranya :

  1. Kandungan Karbon Pada Sargassum sp. Dengan Variasi Amonium Dan Fosfat Pada Temperatur Yang Berbeda. Merupakan suatu penelitian yang bersifat inferensi dengan menggunakan teknik uji beda ANOVA (rancangan percobaan-RANCOB) diperoleh nilai statistik F untuk melihat perbedaan dari rata-rata kadar karbon pada sargasum sp. akibat dari pengaruh perbedaan suhu, nutrien dan waktu yang berbeda. Selain itu, dicari juga hubungan antara kandungan karbon dan serapan nutrien pada sargassum sp. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata dari rata-rata kadar karbon pada sargassum sp. dilihat dari suhu dan waktu. Sedangkan dari analisis korelasi menunjukkan bahwa semakin baik kandungan karbon maka semakin baik pula serapan nutrien pada sargassum sp. (penelitian oleh mahasiswa biologi Universitas XYZ di Bandung).
  2. Kandungan Karbon Pada Chaetomorpha sp. Dengan Variasi Nutrien dan Perbedaan Temperatur. Merupakan suatu penelitian yang bersifat inferensi dengan menggunakan teknik uji beda ANOVA (rancangan percobaan-RANCOB) diperoleh nilai statistik F untuk melihat perbedaan dari rata-rata kadar karbon pada chaetomorpha sp. akibat dari pengaruh perbedaan suhu, nutrien dan waktu yang berbeda. Selain itu, dicari juga hubungan antara kandungan karbon dan serapan nutrien pada chaetomorpha sp. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata dari rata-rata kadar karbon pada sargassum sp. dilihat dari kombinasi suhu-nutrien dan waktu. Sedangkan dari analisis korelasi menunjukkan bahwa semakin baik kandungan karbon maka semakin baik pula serapan nutrien pada chaetomorpha sp dalam pla hubungan yang tidak signifikan. (penelitian oleh mahasiswa biologi Universitas XYZ di Bandung).

Hubungi kami di welcome@mobilestatistik.com atau mobile phone : 081321709749, untuk mendapatkan FREE assistansi tahap perencanaan penelitian agar memudahkan peneliti dalam tahapan implementasi dan pengolahan hasil penelitian.

Gambar 1. Olahdata Uji Beda Kruskal Wallis Skripsi Bid. Biologi

Gambar 2. Olahdata Uji Beda ANOVA Skripsi Bid. Biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published.