Model Regresi Fixed Effect Pada Pool Data Eviews

Model Regresi Fixed Effect Pada Pool Data Eviews

Pada artikel sebelumnya kita sudah sedikit mengulas mengenai data panel aplikasinya pada software Eviews. Sedikit mereview kembali pemaparan sebelumnya bahwa terdapat 2 perlakukan pada data panel yakni sebagai pool data dan sebagai data panel itu sendiri. (untuk melihat perbedaan pada aplikasi Eviews, silahkan para peneliti atau data master baca artikel kita tentang “Mengenal Pool Data dan Data Panel Pada Eviews”). Dimana untuk masing-masing pengguanaan datanya terdapat ciri khas dan kekhususan tersendiri.

Pada kesempatan kali ini kita akan coba paparkan satu analisis regresi dengan menggunakan pool data dengan menggunakan metode Fixed Effect (pada artikel sebelumnya bahwa dengan menggunakan pool data setidakanya ada 2 model tambahan yang dapat dibentuk merujuk pada jenis data pool yakni model dengan fixed effect dan model dengan random effect).

Perhatikan kembali kombinasi data cross section dan time series data pada tabel berikut.

pool data regresi fixed effect
Tabel 1. Contoh Bentuk Cross Section dan Time Series (Data Panel)

Seperti kita ketahui bahwa dalam data pool, data pada tabel di atas kita perlakukan dengan cara membaginya berdasarkan perusahaan (data kelompok perusahaan A, B dan C).

Berikut disajikan secara bertahap analisis data panel dengan metode analisis pada pool data dengan menggunakan Eviews.

Input Data Pool

Sebenarnya tidak ada perlakuan khusus dalam menginput data seperti data pada tabel 1. Apabila pada analisis regresi dengan data silang (cross section) kita hanya perlu membuat tiga variabel saja yaitu Penjualan, Biaya Iklan dan Laba, maka pada data pool kita perlu menambahkan satu variabel lagi yaitu nama perusahaan. Lebih jelas langkah-langkah untuk menginput pada Eviews adalah sebagai berikut :

1. Siapkan data yang akan kita analisis dalam Microsoft Excel seperti tampak pada data tabel 1.

pool data regresi fixed effect
Gambar 1. Data Panel Pada Excel

2. Klik File, New, Workfile…, sehingga di layar akan tampak gambar sebagai berikut. Pada menu ini kita mendefinisikan data penelitian yang akan kita masukan ke dalam Eviews.

pool data regresi fixed effect
Gambar 1. Pendefinisian Data Panel Penelitian

3. Setelah kita mendefinisikan data yang kita miliki pada jendela Workfile, setelah kita klik OK maka akan terlihat jendela Eviews seperti tampak pada gambar berikut. Sampai tahapan ini kita belum memiliki data apapun. Akan tetapi pada poin 2 kita sudah mendefinisikan data yang akan kita import kedalam Eviews. Pada jendela Eviews akan terlihat lambang B dan huruf c, yang merupakan konstanta serta resid atau residual, yang didalam statistik sering disebut sebagai residual atau error.

pool data regresi fixed effect

4. Klik menu Object, New Object, lalu pilih Pool dan namai objek tersebut dengan nama “Iklan”, lalu klik OK. Maka pada layar akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut.

pool data regresi fixed effect
Gambar 4. Menu Object Pada Eviews
pool data regresi fixed effect
Gambar 5. Menu Data Pool Pada Eviews
pool data regresi fixed effect
Gambar 6. Tampilan Jendela Data Pool Pada Eviews

5. Kemudian pada jendela “Pool Iklan” tuliskan secara manual nama perusahaan yang sesuai dengan format penulisan pada file excel data yang kita miliki. (perusahaan _A, _B dan _C). Seperti tampak pada gambar berikut.

pool data regresi fixed effect
Gambar 7. Pendefinisian Pengelompokan Data Pool Pada Eviews

6. Pada jendela “Pool Iklan” klik menu Proc, Import Pool Data. Pada tahapan ini kita akan mengimport data yang sebelumnya sudah kita miliki pada file Excel. Sehingga ketika kita masukan kedalam Eviews akan terlihat seperti gambar berikut. Tuliskan nama variabel sesuai dengan nama pada file excel di akhiri dengan tanda “ ? ”.

pool data regresi fixed effect
Gambar 8. Menu Import Pada Jendela Pool Data Pada Eviews
pool data regresi fixed effect
Gambar 9. Import File Data Pool (.xls)
pool data regresi fixed effect
Gambar 10. Pendefinisian Variabel Penelitian Pada Eviews

7. Setelah kita berhasil memasukan data yang akan kita proses kedalam Eviews, maka tampilan akhir jendela Workfile yang sudah berisikan data yang sudah siap proses seperti tampak pada gambar berikut.

Gambar 11. Jendela Eviews Dengan Variabel Penelitian dan Pool Data

8. Untuk melakukan dan memastikan data yang kita masukan kedalam Eviews sudah benar maka kita bisa membuka data dengan cara mengklik pada icon nama variabel yang kita definisikan pada data pada jendela Workfile atau pada jendela Pool Iklan klik menu Sheet seperti tampak pada gambar berikut. Tuliskan nama variabel sesuai dengan nama pada file excel di akhiri dengan tanda “ ? ”.

pool data regresi fixed effect
Gambar 12. Menampilkan Data Penelitian Pool Data Pada Eviews
pool data regresi fixed effect

9. Untuk mengamankan hasil entry data yang kita miliki kedalam Eviews maka lakukan penyimpanan SAVE, sesuai dengan nama file kerja yang kita kehendaki. Dari tampilan data pada poin 8, kita dapat melakukan Analisis Regresi Fixed Effect dengan mengklik menu Estimate.

Analisis Regresi Fixed Effect

Sebelum melakukan pemodelan data pool dengan menggunakan fixed effect ada baiknya peneliti atau data master memperhatikan beberapa aspek yang berikut.

  1. Teknik yang paling sederhana mengasumsikan bahwa data gabungan yang ada, menunjukkan kondisi yang sesungguhnya. Hasil analisis regresi dianggap berlaku pada semua objek pada semua waktu. Metode ini sering disebut dengan Common Effect. Kelemahannya adalah memungkinkannya tiap objek saling berbeda, bahkan suatu objek pada suatu waktu akan sangat berbeda dengan kondisi objek tersebut pada waktu yang lain.
  2. Oleh karena itu, diperlukan suatu model yang dapat menunjukkan perbedaan konstanta antarobjek, meskipun dengan koefisien regresor yang sama. Model ini dikenal dengan model regresi Fixed Effect. Efek tetap disini maksudnya adalah bahwa satu objek, memiliki konstanta tetap besarnya untuk berbagai periode waktu. Demikian juga dengan koefisien regresinya tetap besarnya dari waktu ke waktu.

Sebagai catatan tambahan bahwa bentuk persamaan dari regresi Fixed Effect mirip atau hampir serupa dengan model regresi variabel dummy di X, dikarenakan untuk memperoleh konstanta tiap objek ke-i (mis : perusahaan A, B dan C) diberlakukan nilai nol (0) bagi objek yang lain dalam proses perhitungannya. (silahkan baca artikel : Regresi Variabel Dummy)

Adapun langkah-langkah analisis model regresi Fixed Effect adalah sebagai berikut.

1. Setelah kita memperoleh data dalam Eviews seperti telah di jelaskan pada tahapan “Input Data Pool” pada poin ke-8, yakni data sudah yakin benar masuk dalam Eviews. Maka langkah selanjutnya adalah klik menu Estimates seperti tampak pada gambar berikut.

pool data regresi fixed effect
Gambar 1. Menu Analisis Data Pool

2. Dan selanjutnya pada bingkai Dependent Variabel, isikan “laba?” dan pada bingkai Common Coeficients isikan “penj?” dan “iklan?”. Lalu pada bingkai Estimation Method pada pilihan Cross Section pilih “Fixed Effect”. Seperti tampak pada gambar berikut.

pool data regresi fixed effect

3. Jika semua isian dalam bingkai menu Pool Estimation sudah benar maka klik OK. Maka Eviews akan memproses analisis regresi Fixed Effect dan akan muncul jendela output sebagai berikut.

pool data regresi fixed effect
Gambar 3.  Output Eviews Model Regresi Fixed Effect

4. Dari hasil di atas tampak terlihat fungsi dari pool data pada perusahaan A, B dan C. dimana yang membedakan dengan fungsi regresi biasa (Common Effect) adalah terletak pada penambahan koefisien konstantan Fixed Effect untuk tiap objek perusahaan (_A_C ; _B_C dan _C_C) sebagai nilai penambah pada koefisien utama model C. Dari hasil di atas kita peroleh 3 bentuk persamaan yang merujuk pada pool data berdasarkan perusahaan A, B dan C

Yang perlu diperhatikan oleh peneliti atau data master untuk semua proses yang sudah kita paparkan di atas diantaranya, pertama adalah tata cara menginput data dari format excel ke dalam Eviews dan kedua adalah pemilihan objek yang dijadikan sebagai pool data pada metode yang dipilih dalam analisis. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak terjadi error ketika import data (data tidak muncul) dan model yang dihasilkan sesuai teori yang mendasari analisis. Dan yang paling utama bagi para peneliti atau data master adalah tahu tujuan dan dasar teori yang mengharuskannya menggunakan metode regresi dengan Fixed Effect. SEMANGAT MEMPELAJARI!!!

Sumber :

  • Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan Eviews, Wing Wahyu Winarno

—————————————————————————————————————————————————————————–

Jika rekan peneliti memerlukan bantuan survey lapangan, data entry ataupun olahdata dapat menghubungi mobilestatistik.com :

Klik “Konsultasi Gratis” untuk mendapatkan informasi atau solusi terkait dengan pertanyaan-pertanyaan seputar metodologi penelitian, aplikasi software statistik ataupun olahdata.

  • “1st Kirim Pertanyaan, Pasti Kami Jawab . . . InsyaAllah”

—————————————————————————————————————————————————————————–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *