Mengenal Pool Data dan Data Panel Pada Eviews

Mengenal Pool Data dan Data Panel Pada Eviews

Kesempatan kali ini kita akan coba ulas secara singkat kaitannya dengan pemahaman dan perlakuan data penelitian bertipe mixed yaitu data cross section dan time series data. Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa data cross section umum didefinisikan bahwa data yang diambil dalam satu kali waktu sehingga tidak ada unsur eksplisit waktu pada data yang dilibatkan dalam penganalisisan lebih lanjut. Misal umum digunakan data cross section dalam rumpun analisis regresi (sederhana, multipel, dummy dst). Adapun time series data yaitu data penelitian yang merujuk pada suatu runutan waktu sehingga dalam penganalisisan lebih lanjut faktor waktu merupakan salah satu variabel yang berperan dalam proses analisis lanjutan pada data penelitian.

Nah pada uraian kali ini kita coba memahami salah satu tipe data lainnya yang merupakan kombinasi 2 tipe data tadi, cross section dan time series data yang umum dikenal sebagai pool data dan data panel. Berdasarkan pemahaman penulis berdasarkan pada literatur yang dipelajari tipe data pada pool data dan data panel adalah sama, hanya saja perlakukan dalam proses analisis dan tujuan analisis lebih lanjut pada data yang berbeda. Umumnya hal ini diperlukan dan ditemukan jika kita menggunakan software Eviews. Dalam software Eviews dimulai dari proses entry data sampai dengan analisis data, antara pool data dan data panel adalah berbeda.

Secara prinsip gabungan antara data cross section dan data time series akan membentuk data panel dan data pool. Berikut adalah bentuk data yang dapat diberlakukan secara pool data maupun data panel. Untuk membedakannya disajikan hasil entry pada software Eviews untuk masing-masing pool data dan data panel.

pool data, data panel, Eviews
Tabel 1. Contoh Bentuk Cross Section dan Time Series

Pool Data

Data pool, sebenarnya merupakan data panel, kecuali masing-masing kelompok data dipisahkan berdasarkan objeknya (pada data tabel 1, pool data dipisahkan berdasarkan perusahaan A, B dan C). Berikut disajikan hasil entri data pada tabel 1 ke dalam Eviews seperti tampak pada gambar berikut.

pool data, data panel, Eviews
Gambar 1. Contoh Input Bentuk Pooled Data Pada Eviews

Jelas terlihat pada gambar tampilan Eviews di atas, bahwa perlakuan data cross section dan time series pada pool data, pada data dilakukan pengelompokan (salah satunya berdasarkan perusahaan A, B dan C) sehingga dalam proses analisisnya cukup banyak perbedaan jika dibandingkan dengan analisis regresi pada umumnya dan dengan analisis regresi data panel (umumnya dikenal adanya istilah fixed effect dan random effect yang ditimbulkan karena adanya pengelompokan pada data. Misal : kelompok perusahaan A, B dan C). Lebih lanjut kita akan ulas secara lebih jelas mengenai fixed effect dan random effect pada artikel lainnya.

Data Panel

Data panel diperkenalkan oleh Howles pada tahun 1950, merupakan cross section (terdiri atas beberapa variabel) dan sekaligus terdiri atas beberapa waktu. Berikut disajikan hasil entri data pada tabel 1 ke dalam Eviews seperti tampak pada gambar berikut.

pool data, data panel, Eviews
Gambar 2. Contoh Input Bentuk Data Panel Pada Eviews

Jelas terlihat pada gambar tampilan Eviews di atas, bahwa perlakuan data cross section dan time series pada data panel, pada data tidak dilakukan pengelompokan seperti halnya pada pool data sehingga dalam proses analisisnya hampir sama jika dibandingkan dengan analisis regresi pada umumnya. Akan tetapi dalam konsepsi penggunaannya tetap saja memiliki perbedaan dengan konsepsi regresi pada umumnya. Beberapa analisis yang umum dengan menggunakan konsepsi data panel diantaranya adalah analisis regresi data panel, uji kointegrasi dan uji stasioneritas dengan uji akar unit (unit root test). Lebih lanjut kita akan ulas secara lebih jelas mengenai analisis regresi data panel, uji kointegrasi dan uji stasioneritas dengan uji akar unit (unit root test) pada artikel lainnya

Dari bentuk cara entry pada software Eviews, jelaslah bagi kita untuk membedakan perlakuan data cross section dan time series jika kita perlakukan sebagai pool data dan data panel. Untuk masing-masing perlakukan pada data tersebut (pool data dan data panel) terdapat keunikan tersendiri dalam proses analisis data kaitannya dengan pemodelan regresi. Lebih lanjut kita akan uraikan tipe dan jenis analisis yang berlaku dengan kondisi data sebagai pool data dan data panel pada artikel-artikel selanjutnya. SEMANGAT MEMPELAJARI!!!

Sumber :

  • Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan Eviews, Wing Wahyu Winarno

———————————————————————————————————————————————————————————

Jika rekan peneliti memerlukan bantuan survey lapangan, data entry ataupun olahdata dapat menghubungi mobilestatistik.com :

Klik “Konsultasi Gratis” untuk mendapatkan informasi atau solusi terkait dengan pertanyaan-pertanyaan seputar metodologi penelitian, aplikasi software statistik ataupun olahdata.

  • “1st Kirim Pertanyaan, Pasti Kami Jawab . . . InsyaAllah”

———————————————————————————————————————————————————————————

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *