Eviews Sebagai Tools Statistik

Eviews Sebagai Tools Statistik

Pada pembahasan yang lalu kita sudah mengenal beberapa tools statistik yang dapat digunakan oleh para peneliti atau data master yang dapat sangat membantu dalam proses analisis data yang dimiliki. Mungkin dari kita memiliki kecenderungan sendiri dalam memilih software statistik, apakah itu karena kemudahan, kekhususan atau terlihat keren. Yang paling mendasar dari semuanya adalah software tersebut singkron dengan pemahaman mendasar atas teori statistik yang dijadikan acuan bagi peneliti atau data master dalam menganalisis data. Hal ini akan sangat membantu peneliti atau data master dalam pengaplikasian software yang digunakan yang sesuai dengan kebutuhan yang hendak dicapai, sehingga dengan adanya software tidak menambah kebingungan dalam pengaplikasiannya, akan tetapi mengotimalkan capaian hasil analisis yang hendak dicapai oleh peneliti atau data master tersebut.

Mungkin dari semua software statistik yang ada, para peneliti atau data master sangat familiar dengan SPSS, software yang relatif sederhana dalam pengoperasiannya dan tampilan output yang user friendly juga. Berdasarkan pengalaman, penggunaan software statistik sebaiknya turut didasarkan pada spesifikasi atau spesialisasi dalam kegunaannya, sebagai misal LISREL, AMOS atau SmartPLS memiliki kekhususan dalam mengolah data berupa pemodelan (PATH atau SEM), GWR4 atau GeoDa memliki  kekhususan dalam mengolah data yang melibatkan keruangan (Spasial), sekalipun Microsoft Excel dilengkapi dengan menu-menu analisis statistik akan tetapi pemanfaatannya lebih banyak pada operasional perhitungan manual. Jadi, ada baiknya prioritaskan pilihan kita pada software yang memiliki kekhususan tertentu terhadap analisis agar didapat juga output yang lengkap dan menjawab.

Nah pada kesempatan kali ini, kita akan sedikit banyak mengenalkan salah satu software yang memiliki keunggulan dalam pengolahan data deret waktu yaitu Eviews. Meskipun pengolahan data deret waktu dapat juga dilakukan dengan menggunakan software SPSS atau MINITAB, akan tetapi dalam Eviews didapati banyak keunggulan. Dan secara pengoperasionalannya akan kita bahas pada beberapa artikel kedepan. Pada kesempatan kali ini akan kita coba kenalkan rupa dan penampakan lingkungan dari software Eviews, sebagai berikut.

Operasionalisasi Eviews

  1. Pastikan aplikasi Eviews telah terisntal didalam komputer yang kita miliki seperti tampak pada gambar berikut. Untuk memulai menggunakan Eviews kita klik icon Eviews tersebut.

  1. Setelah di klik maka akan terlihat tampilan jendela Eviews seperti gambar berikut. Tampilan tersebut berisikan menu-menu pengoperasian Eviews dan field dimana variabel-variabel yang akan digunakan dalam analisis tampak.

  1. Jika kita sudah memiliki file yang akan digunakan dalam aplikasi Eviews untuk membukanya, kita klik menu File, Open, Eviews Workfile, seperti tampak pada gambar berikut. Pilih file yang akan digunakan lalu klik Open maka file tersebut siap digunakan oleh Eviews.

  1. Untuk dapat melihat isi dari data yang sudah kita masukan kedalam software Eviews, kita dapat mengklik icon variabel yang terdaftar pada jendela Eviews seperti tampak pada gambar berikut.

  1. Dari tampilan data pada poin 4, kita dapat melakukan berbagai uji statistik dengan pengklik menu View di sudut kiri atas jendela data yang kita klik, seperti tampak pada gambar berikut.

Input Data Pada Eviews

 Setelah pada pembahasan di atas kita mengetahui secara sepintas cara pengoperasian Eviews dan tampilan jendela Eviews, pada bagian ini kita akan jelaskan secara lebih jelas cara pengoperasioan Eviews pada bab penginputan data dengan cara Import Data. Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa Eviews sangat bermanfaat dalam pemrosesan data dalam bentuk data deret waktu atau time series, oleh karenanya kita harus memastikan pendefinisian waktu dari data yang kita miliki agar memudahkan proses pendefinisian dan proses import pada software Eviews.

  1. Persiapkan data yang kita miliki pada microsoft Excel seperti tampak pada gambar berikut. Pastikan data yang kita miliki sudah terdefinisikan secara waktu (jika data deret waktu).

  1. Klik File, New, Workfile…, sehingga di layar akan tampak gambar sebagai berikut.

  1. Ada 3 s.d 4 isian field yang harus kita definisikan pada data yang kita miliki diantaranya field Work Structure Type : menjelaskan data yang kita miliki apakah Unstructured/Undated, Dated-Regular Frequency dan Balanced-Panel, pada isian ini disesuaikan format data yang kita miliki. Field Panel Specifications : menjelaskan format waktu yang kita miliki apakah tahunan, bulanan, harian, dsb. Pada isian Start Date, isikan awal waktu data yang kita miliki dan End Date, isikan akhir waktu data yang kita miliki, pada isian ini dapat diisikan satuan waktu hingga satuan terkecil dari data waktu yang dimiliki (jam, menit, detik) jika kita memiliki data Intraday yang didefinisikan pada field Intraweek/Intraday Range. Secara lebih jelas tampak pada gambar berikut ini.

Gambar 1. Workfile dengan Tipe Data Unstructured / Undated (Cross Sectional)

Gambar 2. Workfile dengan Tipe Data Dated (Time Series)

Gambar 3. Workfile dengan Tipe Data Dated (Time Series-Intraday/Intraweek)

Gambar 4. Workfile dengan Tipe Data Balanced Panel (Data panel)

  1. Setelah kita mendefinisikan data yang kita miliki pada jendela Workfile, setelah kita klik OK maka akan terlihat jendela Eviews seperti tampak pada gambar berikut. Sampai tahapan ini kita belum memiliki data apapun. Akan tetapi pada poin 2 kita sudah mendefinisikan data yang akan kita import kedalam Eviews. Pada jendela Eviews akan terlihat lambang B dan huruf c, yang merupakan konstanta serta resid atau residual, yang didalam statistik sering disebut sebagai residual atau error.

  1. Klik menu File, Import, Impor from File. Pada tahapan ini kita akan mengimport data yang sebelumnya sudah kita miliki pada file Excel. Sehingga ketika kita masukan kedalam Eviews akan terlihat seperti gambar berikut.

  1. Setelah kita berhasil memasukan data yang akan kita proses kedalam Eviews, maka tampilan akhir jendela Workfile yang sudah berisikan data yang sudah siap proses seperti tampak pada gambar berikut.

  1. Untuk melakukan dan memastikan data yang kita masukan kedalam Eviews sudah benar maka kita hanya tinggal mngklik pada icon nama variabel yang kita definisikan pada data kita. Ketika di klik maka akan muncul gambar sebagai berikut.

  1. Untuk mengamankan hasil entry data yang kita miliki kedalam Eviews maka lakukan penyimpanan SAVE, sesuai dengan nama file kerja yang kita kehendaki.
  2. Dari tampilan data pada poin 6, kita dapat melakukan berbagai uji statistik dengan pengklik menu View di sudut kiri atas jendela data yang kita klik, seperti tampak pada gambar berikut.

 

Langkah awal yang sangat menentukan dalam menggunakan software Eviews adalah pendefinisian data penelitian yang dimiliki oleh peneliti atau data master. Tidak seperti software lainnya yang memang memiliki kekhasan dan kekhususan tersendiri pada software Eviews, beberapa penjelasan yang sudah di sampaikan sebelumnya semoga sedikit memberikan kejelasan terkait alur dan gambaran penggunaan software Eviews. Secara prinsip cara kerja dan output software (mis : SPSS) akan menghasilkan hasil yang sama (mis : analisis regresi). Yang membedakan hanyalah hal teknis penggunaan menu pada software itu sendiri. Pada kesempatan lainnya kita akan membahas beberapa penggunaan metode statistik (mis : Regresi, Analisis Data Deret Waktu, dll) dengan menggunakan Eviews. SEMANGAT MENCOBA!!!

———————————————————————————————————————————————————-

  1. Jika rekan peneliti memerlukan bantuan survey lapangan, data entry ataupun olahdata dapat menghubungi mobilestatistik.com :
  1. Klik “Konsultasi Gratis” untuk mendapatkan informasi atau solusi terkait dengan pertanyaan-pertanyaan seputar metodologi penelitian, aplikasi software statistik ataupun olahdata.
  • “1st Kirim Pertanyaan, Pasti Kami Jawab . . . InsyaAllah”

———————————————————————————————————————————————————-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *