Budidaya Organik Burung Puyuh

Budidaya Organik Burung Puyuh

Pada kesempatan kali ini kita akan coba sharing sedikit tentang budidaya burung puyuh. Seperti pada 2 (dua) artikel sebelumnya terkait dengan serba serbi atau budidaya, penulis sering menyinggung konsep budidaya burung puyuh dengan sistem #rooftopgarden dan memanfaatkan kotoran puyuh sebagai limbah yang dapat dimanfaatkan langsung pada tanaman dengan sistem #rooftopgarden. Dengan konsep yang diterapkan tersebut kita dapat memperoleh manfaat yang banyak, dimana setiap aspek dari burung puyuh dapat dimanfaatkan langsung oleh kita, seperti daging, telur termasuk kotorannya.

Budidaya burung puyuh tidaklah serumit seperti kita budidaya ayam, baik dari aspek ruang maupun biaya pemeliharaan. Untuk skala kecil budidaya burung puyuh hanya membutuhkan lahan 1 m x 1 m atau 2 m x 2 m, sudah mampu menampung kurang lebih 100 ekor burung puyuh dengan sistem kandang vertikal. Akan tetapi perlu diperhatikan dampak sosialnya ya, sebelum kita merencanakan untuk budidaya burung puyuh dengan kuantitas yang besar. Penulis sendiri karena pemanfaatannya lebih ke aspek organik baik dari budidaya puyuh sendiri hingga pemanfaatannya terhadap tanaman maka 20 s.d 30 ekor puyuh cukup untuk memberikan manfaat yang maksimal dengan konsep #rooftopgarden dan tidak menimbulkan dampak sosial apapun (komplain tetangga kanan kiri atau depan belakang, Alhamdulillah).

Lebih lengkap terkait sharing pengalaman budidaya burung puyuh kali ini kita akan bagi beberapa bagian.

Mengenal Burung Puyuh

Puyuh adalah nama untuk beberapa general dalam familia Phasianidae. Burung ini berukuran menengah. Burung puyuh dari Dunia Baru (famili Odontophoridae) dan puyuh kancing (famili Turnicidae) tidak berkerabat dekat namun nama mereka memiliki perilaku dan karakteristik fisik yang mirip.

Burung puyuh adalah unggas daratan yang kecil namun gemuk. Mereka pemakan biji-bijian namun juga pemakan serangga dan mangsa berukuran kecil lainnya. Mereka bersarang di permukaan tanah, dan berkemampuan untuk lari dan terbang dengan kecepatan tinggi namun dengan jarak tempuh yang pendek. Beberapa spesies seperti puyuh jepang adalah migratori dan mampu terbang untuk jarak yang jauh. Beberapa jenis puyuh diternakkan dalam jumlah besar. Puyuh jepang diternakkan terutama karena telurnya.

Manfaat Burung Puyuh

Keluarga burung puyuh termasuk jenis burung yang sering dimakan. Burung puyuh sering dimasak ala Prancis. Daging burung puyuh juga biasa ditemukan pada masakan Malta, Portugis, dan India. Burung puyuh umumnya dimakan bersama dengan tulangnya karena mudah dikunyah dan karena ukurannya yang kecil sangat menyulitkan untuk mengeliminasi tulang dari dagingnya.

Telur burung puyuh juga merupakan makanan yang lezat. Seringkali mereka dimakan mentah bersama sushi dan umum ditemukan pada menu makan siang Jepang. Di Kolombia, telur burung puyuh rebus digunakan untuk pelengkap hot dog dan hamburger. Di Filipina, telur burung puyuh yang direbus dan dicelup dengan saus lalu digoreng dengan banyak minyak adalah jajanan lokal yang populer.

Kandungan Gizi Telur Puyuh

  • Tinggi protein

Sama seperti telur ayam, telur puyuh tinggi protein. Satu porsi telur puyuh (isi 5 butir) mengandung 6 gram protein yang ternyata sama banyak dengan satu butir telur ayam. Protein diperlukan tubuh untuk dijadikan sumber energi, menjaga stamina, memelihara kesehatan kulit dan rambut, serta membangun dan menguatkan massa otot.

  • Kaya vitamin A dan kolin

Telur mini yang dihasilkan burung puyuh ini juga kaya akan vitamin A dan kolin. Setiap porsi telur puyuh menawarkan 119 miligram kolin dan 244 IU vitamin A. Artinya, seporsi telur puyuh (setara 5 butir) mampu menyajikan sekitar 22-28% kebutuhan kolin harian dan 8-10% asupan vitamin A Anda dalam sehari. Kedua nutrisi ini bekerja sama menjaga kerja sistem imun tubuh untuk mencegah risiko penyakit dan infeksi, khususnya mencegah perkembangan penyakit jantung. Vitamin A dan kolin juga berfungsi memelihara fungsi sistem saraf dan indra penglihatan Anda.

  • Tinggi selenium dan zat besi

Telur burung puyuh mengandung lebih banyak selenium (26%) dan zat besi (9%) daripada telur ayam. Selenium bermanfaat untuk memelihara fungsi kognitif otak, meningkatkan metabolisme hormon tiroid, dan memperbaiki kerusakan DNA. Sementara itu zat besi berfungsi memproduksi sel darah merah sehat untuk mencegah anemia. Zat besi juga mungkin berpotensi memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung. Kombinasi zat besi dan selenium dibutuhkan tubuh untuk memetabolisme otot serta memelihara kesehatan pembuluh darah.

Hati-hati Telur Puyuh Tinggi Kolesterol

Dengan segudang nutrisi yang dimilikinya, telur puyuh ternyata termasuk makanan rendah kalori yaitu hanya sekitar 71 kcal (4% dari kebutuhan tubuh). Namun demikian, jangan sampai terlena kebanyakan makan telur mini ini. Seporsi telur puyuh mengandung 380 mg kolesterol, yang hampir dua kali lebih banyak dari batas maksimal kolesterol harian menurut American Heart Association. Seporsi telur burung puyuh juga mengandung 1,6 gram lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol Anda. Maka dari itu, jangan makan berlebihan.

Kandungan Gizi Daging Puyuh

Selain sekedar untuk mengobati rasa lapar ternyata terdapat manfaat makan daging puyuh diantaranya yaitu:

  • Baik Untuk Diet

Manfaat makan daging puyuh yang pertama yaitu baik untuk diet. Daging puyuh memiliki tekstur daging yang lembut dan sedikit berserat. Selain itu daging puyuh memiliki kandungan lemak tak jenuh sehingga Anda tidak usah ragu-ragu lagi dalam mengkonsumsi daging burung yang satu ini. Lemak tak jenuh sangat baik untuk mencegah kolestrol yang mengakibatkan penyempitan sel dalam darah dan dapat menimbulkan penyakit jantung. Lemak tak jenuh juga sangat baik sebagai menu diet untuk menurunkan berat badan.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat makan daging puyuh yang kedua yaitu meningkatkan kekebalan tubuh. Daging burung puyuh yang dikonsumsi secara rutin akan meningkatkan system imun di dalam tubuh. Peningkatan imun ini sangat berfungsi dalam menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Selain itu juga mampu membasmi bakteri dan parasite yang masuk ke dalam tubuh.

  • Memperbaiki Jaringan Tubuh

Manfaat makan daging puyuh yang ketiga yaitu memperbaiki jaringan tubuh. Protein yang terkandung di dalam daging atau telur burung puyuh mampu membantu pembentukan sejumlah jaringan dan sel yang ada pada kuku, kulit dan rambut serta membantu meningkatkan produksi hormone dan enzim yang ada dalam tubuh.

  • Mencukupi Kebutuhan Energi

Manfaat makan daging puyuh yang keempat yaitu mencukupi kebutuhan energi. Burung puyuh juga mempunyai kandungan vitamin B2 yang mampu mengubah karbohidrat menjadi gula. Seperti yang telah diketahui bahwa gula sebagai bahan energi alternatif yang diperlukan oleh tubuh.

  • Menjaga Kesehatan Kulit Manusia

Manfaat makan daging puyuh yang kelima yaitu menjaga kesehatan kulit manusia. Burung Puyuh memiliki kandungan vitamin E yang bermanfaat dalam memperlambat penuaan dini. Vitamin E pada daging telur puyuh sangat berperan penting dalam proses regenerasi kulit yang berlangsung setiap hari.

  • Memperkuat Tulang Manusia

Manfaat makan daging puyuh yang keenam yaitu memperkuat tulang manusia. Kandungan fosfor dan kalsium di daging burung puyuh sangat bermanfaat guna menjaga tulang agar tak keropos sehingga tidak terjadi osteoporosis.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat makan daging puyuh yang ketujuh yaitu menjaga kesehatan mata. Kuning telur burung puyuh tidak hanya kaya kandungan protein, melainkan juga memiliki kandungan lutein dan zeaksantin yang bermanfaat menjaga kesehatan retina mata. Kandungan tersebut melindungi mata dari pengaruh buruk sinar biru yang masuk ke di dalam mata. Selain itu daging dan telurnya mempunyai kandungan vitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan mata walaupun tidak sebanyak wortel.

  • Memberikan Nutrisi pada Otak

Manfaat makan daging puyuh yang kedelapan yaitu Memberikan Nutrisi pada otak. Telur burung puyuh memiliki kandungan kolin yang bermanfaat di dalam perkembangan otak. Kolin di dalam telur burung puyuh membantu kinerja syaraf otak sehingga meningkatkan daya ingat. Dengan rutin mengkonsumsi telur burung puyuh, Anda akan mempunyai daya ingat yang lebih baik.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat makan daging puyuh yang kesembilan yaitu Menjaga kesehatan jantung. Kandungan protein pada daging dan telur puyuh membantu menyeimbangkan kolesterol yang masuk dalam tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi daging dan telur burung puyuh baik bagi kesehatan jantung.

  • Mengatasi Gangguan Pernapasan

Manfaat makan daging puyuh yang kesepuluh yaitu mengatasi ganguan pernapasan. Konsumsi daging burung puyuh bisa mengatasi gangguan pernapasan yang dialami yakni seperti asma, tubercolusis, dan vegetative vascular dystrophy. Adapun hewan yang memiliki kandungan yang sama di dalam mengatasi gangguan pernapasan adalah daging kelelawar dan tupai.

  • Mengatasi Anemia

Manfaat makan daging puyuh yang kesebelas yaitu mengatasi anemia. Zat besi yang terkandung dalam burung puyuh berfungsi untuk mengatasi anemia atau kekurangan darah. Zat besi bisa membantu produksi hemoglobin serta sel darah merah yang bermanfaat mengatasi kekurangan darah dalam tubuh.

  • Mencegah stroke

Manfaat makan daging puyuh yang keduabelas yaitu mencegah stroke. Stroke merupakan penyakit yang disebabkan oleh gangguan pembuluh darah pada otak. Penyakit stroke umumnya dipicu oleh tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah, stroke hingga gangguan pada jantung. Stroke termasuk penyakit yang dapat menuebabkan kelumpuhan atau bahkan kematian. Maka dari itu, penyakit ini harus dicegah sedini mungkin, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi daging burung puyuh. Hal ini disebabkan karena daging puyuh mampu melancarkan kembali peredaran darah.

  • Bagus untuk dikonsumsi Ibu Hamil

Manfaat makan daging puyuh yang ketigabelas yaitu bagus untuk dikonsumsi ibu hamil. Daging puyuh memang aman dikonsumsi saat hamil. Apalagi daging puyuh kaya akan kandungan nutrisi seperti protein, lemak, vitamin, dan mineral yang memang dibutuhkan tubuh. Terutama protein yang sangat baik untuk pertumbuhan otak janin dalam rahim.

Pengalaman Budidaya Burung Puyuh

Berdasarkan pengalaman penulis terkait dengan budidaya buruh puyuh, setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi breeder pemula diantaranya,

  • Pemilihan bibit burung puyuh

Ketentuan pemilihan bibit yang penulis tahu dan berpengalaman dalam membudidayakannya, pastinya pilihlah bibit puyuh yang sehat, tidak cacat dan memiliki perawakan yang baik. Bibit yang penulis dapatkan berasal dari pasar burung yang ada di kota Bandung. Umumnya di toko-toko burung atau yang memperjual belikan burung dan sejenisnya, untuk burung puyuh agak sulit untuk didapatkan, ada beberapa sebab berdasarkan tebakan penulis yaitu selain dikarenakan jenis burung ternakan juga dikarenakan pembelian yang dilakukan harus dalam skala besar. Akan tetapi disentra burung biasanya burug puyuh dapat ditemui dengan penjualan eceran atau satuan.

Selain itu, bibit puyuh yang diperjual belikan dipasaran biasanya sebagian besar merupakan betina, sedangkan jantan jarang ditemui diperjual belikan dalam jumlah yang banyak. Umumnya para pedagang mengatakan bahwa untuk mengasilkan telur cukup betina yang dipelihara dikarenakan dengan stimulus pakan betina akan tetap bertelur.

  • Kandang burung puyuh

Rupa kadang puyuh yang memudahakan dan hendak dibuat oleh para breeder dapat mencontoh tutorial bentukan kandang yang banyak beredar di medsos. Penulis sendiri membuat kandang dengan ukuran 1,5 m x 0.5 m dengan 2 kandang secara vertikal cukup untuk memuat setidaknya 50 s.d 100 ekor puyuh.

Umumnya kandang dibuat miring (condong kedepan) untuk memudahkan para breeder untuk mengambil telur puyuh yang dihasilkan oleh induk puyuh. Untuk bahan kandang sendiri dapat dibuat dengan bahan kayu sebagai rangka dan kawat ram anti karat sebagai bahan dindingnya. Dengan konsep #rooftopgarden penggunaan material kandang harus diperhatikan agar kandang yang kita buat bisa tahan lama.

  • Telur burung puyuh

Burung puyuh menghasilkan telurnya secara harian. Sehingga jika memang ditujukan untuk komersil, budidaya burung puyuh sangat menjanjikan. Yang perlu diperhatikan oleh para breeder adalah komposisi betina dan jantan dalam satu kandang. Dengan komposisi yang tepat dapat menghasilkan telur yang maksimal. Seperti beberapa informasi dari pro breeder seharusnya dijaga komposisi dalam kandang 1 jantan : 5 betina. Selain itu, pemilihan dan pemberian jenis pakan pun perlu diperhatikan oleh para breeder. Kurang tepat dalam pemberian jenis pakan dan tidak teraturnya dalam pemberian pakan dapat menurunkan produksi telur harian dari burung puyuh secara drastis.

  • Penetasan telur burung puyuh

Cukup mudah sebetulnya untuk membudidaya burung puyuh dalam skala kecil, pun untuk mencoba untuk menetaskan sendiri produksi telur yang kita hasilkan. Pengalaman penulis cukup mudah untuk menetaskan telur sendiri, dengan membeli penetas telur yang dijual di pasaran dan mengikuti intruksi yang disertakan pada alat tetas, kita akan berhasil menetaskan telur burung puyuh yang kita biakan. (InsyaAllah). Yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bibit telur yang akan kita tetaskan, sering kali yang penulis alami keberhasilan menetas hanya di angka 30% dan anakan burung puyuh yang dihasilkan sebagian besar adalah pejantan.

Serba Serbi Budidaya Burung Puyuh

  • Pemanfaatan kotoran burung puyuh sebagai pupuk organik

Seperti yang sudah penulis ulas pada dua artikel sebelumnya, (baca artikel : budidaya buah naga dan budidaya pohon tin) bahwa pemanfaatan kotoran puyuh sebagai pupuk organik sangat terasa dan terlihat sekali (Alhamdulillah). Meskipun secara laboratorium penulis tidak mengetahui secara detail kandungan kimia dari kotoran puyuh dan efeknya terhadap tumbuhan, hanya saja ketika di aplikasikan terhadap dua jenis tananman yaitu buah naga dan pohon tin, bisa dikatakan sangat cocok karena tampak pada pertumbuhan tanaman yang sangat sehat baik akar, batang, daun dan buah yang dihasilkan (Alhamudillah).

  • Aspek ekonomi budidaya burung puyuh

Setiap usaha atau hobi yang ditekuni secara benar dan serius InsyaAllah mendatangkan hasil. Begitu juga jika memang kita meniatkan dari hobi kita membudidayakan burung puyuh untuk tujuan komersil. Berdasarkan pengalaman penulis dari 50 ekor burung puyuh dengan kompoisis yang baik antara jantan dan betina mampu menghasilkan 25 butir telur (1/4 kg telur puyuh) per harinya. Jika memang dikalkulasikan dengan operasional pakan yang dikeluarkan cukup memberikan margin yang lumayan.

Jika memang ditekuni dengan baik para breeder pemula dapat menemukan formula tersendiri untuk dapat mendapatkan margin yang sebesar-besarnya dari hasil budi daya burung puyuh.

Kiranya sharing singkat yang diberikan penulis dapat menjadi pengetahuan yang bermanfaat dan dapat diaplikasikan oleh rekan-rekan breeder. Sharing pengalaman dapat pula rekan-rekan breeder bagikan melalui kolom komen yang dapat memperluas khasanah dalam breeding dengan lahan dan waktu yang terbatas yang dimiliki rekan-rekan self farming lainnya terutama dengan konsep #rooftopgarden. SEMANGAT MENCOBA!!!

Kontribusi artikel bermanfaat dapat dikirim ke : welcome@mobilestatistik.com

Sumber :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Burung_puyuh
  2. https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/manfaat-telur-puyuh-bergizi/
  3. http://puyuhungkep.com/manfaat-makan-daging-puyuh/
  4. Self experieces – beginer farmer on #rooftopgarden

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *